PSDKU Sanggau

Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa Prodi D3 Akuntansi Tahun Akademik 2023/2024

Survei kepuasan pelanggan ini melibatkan 89 responsen internal (mahasiswa) atau sebesar 55,27% dari seluruh mahasiswa yang terdaftar, dengan memperhatikan 5 aspek penilaian yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Keandalan
  2. Daya Tanggap
  3. Kepastian
  4. Empati
  5. Tangible (Kecukupan Sarana dan Prasarana)

Yang pertama, aspek Keandalan. Dalam menilai aspek Keandalan Dosen dan Staf Prodi D3 Akuntansi, memperlihatkan bahwa :

  1. Mahasiswa merasa baik dengan kejelasan materi perkuliahan yang diberikan Dosen secara keseluruhan.
  2. Mahasiswa merasa baik dengan waktu yang disediakan dosen untuk diskusi dan tanya jawab.
  3. Mahasiswa merasa baik dengan Bahan ajar yang diberikan untuk melengkapi perkuliahan.
  4. Mahasiswa merasa baik dengan hasil ujian yang dikembalikan dengan nilai yang objektif.
  5. Mahasiswa merasa baik dengan kehadiran dosen yang datang tepat waktu dalam PBM.
  6. Mahasiswa merasa baik dengan keahlian dosen yang memadai dalam mendukung PBM.
  7. Mahasiswa merasa baik dengan kemampuan staf prodi dalam pelayanan administrasi yang mereka butuhkan.
  8. Mahasiswa merasa baik dengan kualitas layanan staf prodi dalam memenuhi kepentingan mereka.

Tabel 1. Tingkat Kepuasan Pengguna Internal dalam aspek Keandalan

Kedua, aspek Daya Tanggap. Dari hasil survei terkait Daya Tanggap yang diberikan oleh Prodi Akuntansi, bahwa :

  1. Mahasiswa merasa baik dengan Dosen pembimbing Akademik yang disediakan oleh Prodi D3 Akuntansi.
  2. Mahasiswa merasa baik dengan penyediaan beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu.
  3. Mahasiswa merasa baik dengan Dosen PA yang ikut membantu dalam menyelesaikan masalah dibidang Akademik.
  4. Mahasiswa merasa baik dengan waktu yang diberikan oleh Jurusan Akuntansi khususnya Prodi D3 bagi orang tua mahasiswa untuk berkonsultasi.
  5. Mahasiswa merasa baik dengan bantuan pengobatan yang diberikan oleh Jurusan Akuntansi bagi mahasiswa yang sakit.
  6. Mahasiswa merasa baik dengan bantuan asuransi yang disediakan bagi mahasiswa yang mendapatkan musibah kecelakaan.

Tabel 2. Tingkat Kepuasan Pengguna Internal dalam aspek Daya Tanggap

Ketiga, aspek Kepastian. Hasil survei terkait Kepastian yang diberikan oleh Prodi Akuntansi telah membuktikan bahwa :

  1. Mahasiswa merasa baik dengan Pelayanan satun yang diberikan staf prodi
  2. Mahasiswa merasa baik dengan permasalahan yang ditangani oelh dosen PA
  3. Mahasiswa merasa baik dengan tugas yang selalu dikembalikan kepada mahasiswa.
  4. Mahasiswa merasa baik dengan Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pengajaran
  5. Mahasiswa merasa baik dengan Sanksi bagi mahasiswa yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan Polnep dan berlaku untuk semua mahasiswa

Tabel 3. Tingkat Kepuasan Pengguna Internal dalam aspek Kepastian

Keempat, aspek Empati. Hasil survei terkait aspek Empati yang diberikan oleh seluruh staf prodi D3 Akuntansi secara keseluruhan menunjukkan bahwa :

  1. Mahasiswa merasa baik dengan kepedulian dosen dalam memahami kepentingan dan kesulitan mahasiswa.
  2. Mahasiswa merasa baik dengan monitoring yang dilakukan oleh Ketua Prodi melalui Dosen PA.
  3. Mahasiswa merasa baik dengan kesediaan Dosen dalam membantu mahasiswa yang kesulitan dibidang akademik.
  4. Mahasiswa merasa baik dengan dosen yang bersikap terbuka, dan kooperatif.
  5. Mahasiswa merasa baik dengan Jurusan Akuntansi yang berusaha memahami dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa.

Tabel 4. Tingkat Kepuasan Pengguna Internal dalam aspek Empati

Dan aspek terakhir adalah Tangible atau Kecukupan Sarana dan Prasarana, mulai dari sarana pendidikan, alat perkuliahan, media pengajaran, hingga prasarana pendidikan. Hasil survei dapat dilihat bahwa :

  1. Mahasiswa merasa ruang kuliah tertata dengan bersih dan rapi dengan baik.
  2. Mahasiswa merasa ruang kuliah sejuk dan nyaman, dengan hasil mayoritas baik.
  3. Mahasiswa merasa sarana pembelajaran yang tersedia di ruang kuliah begitu tercukupi dengan penilaian baik.
  4. Mahasiswa merasa jurusan akuntansi memiliki perpustakaan dengan kualitas yang baik.
  5. Mahasiswa merasa tercukupi atas ketersediaan buku referensi di perpustakaan jurusan, dengan hasil mayoritas baik.
  6. Mahasiswa merasa puas atas ketersediaan fasilitas kamar kecil yang mencukupi dan bersih, dengan hasil mayoritas baik.
  7. Mahasiswa merasa fasilitas ibadah yang tersedia untuk mahasiswa dapat digunakan dengan baik.

Tabel 5. Tingkat Kepuasan Pengguna Internal dalam aspek Tangible (Kecukupan Sarana dan Prasarana)

Dari hasil survei diatas, maka dapat disimpulkan melalui hasil kepuasan internal secara kesuluruhan.

Tabel 6. Tingkat Kepuasan Internal secara kesuluruhan

Dari table diatas dapat diketahui bahwa 73,83 % mahasiswa merasa sangat baik dan baik terhadap kepuasan pengguna internal, 26,17 % mahasiswa yang merasa cukup dan kurang terhadap kepuasan pengguna internal. Berdasarkan hasil yang di peroleh bahwa sebagian besar mahahiswa merasa puas.

Dari hasil survei ini, maka PSDKU POLNEP di Kabupaten Sanggau, khususnya Prodi D3 Akuntansi dapat mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan, agar mahasiswa merasa tetap nyaman dan tenang dalam menggapai ilmu.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *