PSDKU Sanggau

Program Studi D-3 Akuntansi

Sekilas Prodi D-3 Akuntansi

Program Studi D-3 (Diploma 3) Akuntansi (Kampus Kab. Sanggau) adalah salah satu program studi baru kerjasama Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) dengan Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 765/KPT/I/2018 tanggal 12 September 2018.

Prodi D-3 Akuntansi adalah prodi yang didirikan pada tahun 2018 dan bernaung di bawah Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak. Masa perkuliahan Prodi D-3 Akuntansi selama 3 (tiga) tahun dengan gelar yang diberikan adalah Ahli Madya (A.Md). Adapun bidang kompetensi secara umum adalah bidang akuntansi perusahaan dagang, jasa dan industri. Selain itu bidang perpajakan dan bidang pendukung lainnya juga termasuk kedalam kompetensi tersebut.

Menjadi penyelenggara Program Studi Diploma III Akuntansi unggulan melalui keterpaduan pengetahuan, keterampilan, dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi di Kalimantan Barat pada tahun 2030

  1. Menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma III Akuntansi dalam rangka menghasilkan ahli madya akuntansi yang berkualitas, unggul, dan berintegritas.
  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi di bidang Akuntansi.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mendayagunakan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) akuntansi berbasis Industri pertanian dan perkebunan untuk peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat dengan memberdayakan sumber daya program studi secara optimal.
  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang akuntansi untuk menghasilkan lulusan berkualitas yang mempunyai keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif.
  2. Melaksanakan penelitian terapan dalam rangka pengembangan iptek untuk menunjang upaya pembangunan nasional, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan industri pertanian dan perkebunan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengamalkan iptek melalui prakarsa dan peran aktif dalam membantu membangun desa tertinggal dan mengentaskan kemiskinan dengan jalan memberikan pelayanan jasa, manajemen dan teknologi.
  4. Membina dan mengembangkan iklim kehidupan akademik yang sehat dan dinamis untuk membentuk masyarakat ilmiah yang menjunjung tinggi kebenaran, kejujuran, terbuka, kritis, bertanggung jawab, kreatif, inovatif dan tanggap terhadap perubahan zaman.
  5. Membina dan mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan program studi lain, instansi pemerintah, industri, lembaga pendidikan lain, baik di dalam maupun di luar negeri.
  6. Meningkatkan kinerja program studi pada semua aspek kegiatan yang menjadi misi Polnep secara keseluruhan agar menjadi lembaga pendidikan tinggi terbaik dan terpercaya baik di tingkat nasional maupun internasional.

Memperkenalkan dan mempelajari system pembukuan, baik secara manual & komputerisasi, sehingga diharapkan mampu bersaing dan kompeten dalam menghadapi arus globalisasi yang sedang dihadapi oleh Negara Indonesia.

  1. Pengembangan Kualitas Sumberdaya Manusia
    a. Terselenggaranya penerapan sistem manajemen sumber daya manusia yang lebih profesional dan bermutu
    b. Terselenggaranya peningkatan produktivitas dan motivasi kerja melalui penerapan sistem pengelolaan berbasis kinerja (merit system).
    c. Tercapainya jumlah dan kualifkasi dosen sesuai kebutuhan kompetensi serta tercukupinya rasio dosen mahasiswa yang mampu mendukung peningkatan mutu layanan akademik.
    d. Terselenggaranya program peningkatan profesionalitas dosen melalui tahapan pembenahan, pemberdayaan dan pengembangan, yang berorientasi pada kemampuan pengelolaan kegiatan instruksional serta kegiatan penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
    e. Terselenggaranya program pengembangan keterampilan teknis administratif staf penunjang untuk meningkatkan mutu dan kinerja layanan yang terintegrasi.
    f. Meningkatkan mutu alat dan pola rekrutmen untuk menjaring calon Dosen yang potensial.
  2. Pengembangan Program Studi
    a. Terselenggaranya proses pembelajaran yang mendukung tujuan dan sasaran kompetensi lulusan
    b. Terselenggaranya proses pembimbingan tugas akhir mahasiswa yang mampu meningkatkan jumlah halaman yang dapat selesai tepat waktu dengan hasil Tugas Akhir yang bermutu.
    c. Terselenggaranya sistem penerimaan mahasiswa baru yang berkualitas, dengan alokasi yang proporsional bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu.
    d. Meningkatkan kualitas lulusan melalui pemuktakhiran kurikulum.
    e. Pengembangan bidang-bidang unggulan untuk jurusan Akuntansi.
    f. Mengembangkan pendidikan kewirausahaan.
    g. Terselenggaranya Quality Assurance program studi yang memiliki peran yang lebih besar.
    h. Terselenggaranya kegiatan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran proses admininstrasi dan manajemen akademik.
    i. Terselenggaranya program hibah internal Inovasi Pembelajaran untuk dosen.
    j. Terselenggaranya program pembinaan para lulusan secara berkelanjutan.